Posted by : BayuBayyz Rabu, 26 Februari 2014

Manajemen Data

Mememanajemen data tidaklah semudah yang kita bayangkan, perlu beberapa pemahaman agar kita dapat mengelola data kita dengan baik dan menghindari hal hal yang tidak kita inginkan seperti kehilangan data, kerusakan data dan lain - lain, brikut saya telah rangkum beberapa hal yang harus diketahui dalam memanajemen data dan pengaruhnya terhadap perkembangan teknologi komputer.
Manajemen data adalah bagian dari manajemen sumber daya informasi yang mencangkup semua kegiatan yang memastikan bahwa sumber daya informasi yang akurat, mutakhir, aman dari gangguan dan tersedia bagi pemakai.
Manajemen data sangat berpengaruh terhadap perkembangan tekhnologi computer yang mencangkup hardware dan software didalamnya, mengapa demikian ?



Karena, untuk mengelola data kita membutuhkan komputer yang baik dalam mengelola data tersebut. Tentu hardware dan software didalamnya sangat berperan penting demi mendapatkan komputer yang mampu dimanfaatkan dengan baik dalam memanajemen data.
 Dalam pemprosessan data kita sangat membutuhkan kinerja computer yang cepat, dalam simpan menyimpan data kita membutuhkan storage / media penyimpanan computer yang cukup besar, dalam membuat atau mengelola data kita membutuhkan software pendukung untuk membantu kita dalam membuat dan mengelola data.
Kegiatan manajemen data yang baik, agar data kita terpelihara dan aman mencangkup :


1.Pengumpulan data.
                        Semua data dikumpulkan dan dikelompokkan sesuai isi dari data tersebut, misalnya : data data tugas perkuliahan, data coding program dsb.
2.Integrasi dan Pengujian
                        Melakukan pengecekkan atau pengujian terhadap data data yang menurut kita perlu diperiksa, apakah baik baik saja atau bisa saja file atau data tersebut corrupt atau rusak, agar kita mengetahuinya sejak dini.


3.Penyimpanan
                        Simpan data data yang telah dikelompokkan tersebut pada sebuah tempat penyimpanan yang menurut anda aman dan mudah dicari pada komputer. Saya anjurkan untuk menyimpan datanya pada partisi selain partisi C: (atau partisi aplikasi) karena bila anda melakukan inul (Instal Ulang) data tersebut akan hilang.


4.Pemeliharaan
                        Lakukanlah pemeliharaan terhadap data data tersebut, seperti melakukan scan dengan anti virus.


5.Keamanan
                         Demi keamanan harap anda menyimpan di forlder yang ter protect dan membackup data data yang menurut anda sangat penting, seperti menyimpannya juga pada sebuah flashdisk.


6.Pengambilan
                          Nah bila semua data data tersebut telah anda kelola dengan baik, mka kegiatan memanajemen data yang terakhir adalah pengampilan data.
Teknologi yang digunakan dalam penyimpanan data diantaranya :


1. Pita Magnetik


Penyimpanan Pita Magnetik


Pita magnetik yang digunakan untuk menyimpan data komputer dan mempunyai bentuk fisik yang sama dengan pita audio


Memperbarui Pita Magnetik


Sejumlah file yang menyediakan gambaran konseptual dari perusahaan disebut File Master


• File Master diperbarui dengan data dari File Transaksi


Suatu File Transaksi berisi data yang menggambarkan kegiatan perusahaan seperti penjualan dan pembelian


Penggunaan Pita Magnetik






Sebagai medium penyimpanan historis


Sebagai File Back up dari File Master yang tertulis pada DASD


• File Back up digunakan jika terjadi sesuatu pada File Master akses


langsung


2. DASD / Piringan Optik



Penggunaan DASD
DSAD adalah medium file master yang baik, menghasilkan catatan kegiatan yang mutakhir. Penggunaan yang lain terpopuler adalah sebagai medium penyimpanan sementara untuk menampung data semi-terproses.
Memperbarui DASD
memperbarui file DASD

3. Piringan Magnetik 
Penyimpanan Piring Magnetik 
              - Piringan (disk) yang digunakan untuk mencatat data komputer biasanya terbuat dari metal. 
              - Beberapa piringan dapat disusun menjadi suatu tumpukan piringan (disk stack) vertikal 
Membaca dan Menulis Data Piringan 
              Disk address menentukan nomor jalur, nomor read/write head serta biasanya nomor catatan pd jalur - catatan 1, catatan 2 dst.
  
Teknologi yang digunakan dalam mengelola data :


1. Jaringan


Jaringan adalah kumpulan beberapa komponen pembentuk jaringan termasuk komputer didalamnya yang saling terhubung dan terintegrasi dengan baik sehingga dapat saling berhubungan satu sama lain.


Jaringan merupakan bagian yang terpadu dari Manajemen Data karena jaringan berfungsi memindahkan data dan informasi. Teknologi jaringan membantu kita untuk menyiapkan dan memindahkan data dengan cepat.
2. Internet


Internet merupakan jenis jaringan C/S yang terbesar, merupakan suatu kumpulan global dari beribu jaringan bisnis, militer, pendidikan yang saling berkomunikasi satu dengan yang lain.


Setiap komputer dalam jaringan internet dapat berkomunikasi dengan protokol atau bahasa yang sama, disebut Transmision Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP).


Suatu website dikembangkan dengan menggunakan Hypertext Markup Language (HTML).
Internet terbagi menjadi 2 jenis, yaitu Intranet & Extranet.

3. Penangkapan Data


Di dalam pengolahan data kita dapat menangkap data yang kita butuhkan, penangkapan data dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu dengan formulir atau melalui layar terminal komputer atau masukan dari sistem lain.
Sekian artikel mengenai Memanajemen Data dengan Baik dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Tekhnologi Komputer yang saya posting. Semoga bermanfaat dan kita semua dapat mengelola data data kita dengan baik ! ^_^



Survei singkat dibayar mahal, pertama di Indonesia, Hanya ada di bisnis ini. Klik DISINI ! .

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to BIG !!!

Find BIG on Facebook

Popular Post

Copyright © 2013 Bayyz Informatics Gallery. Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Big Informatics Gallery by Bayu Wijaya Permana Putra - Powered by Blogger - Supported by Google -