Posted by : Bayu Wijaya Permana Putra Minggu, 31 Mei 2015




Assalamualaikum Warahmatullahiwabarakatu.
Halo sobat ! Saya ingin berbagi pengalaman, informasi dan tips saat mempersiapkan persyaratan administrasi Djarum Beasiswa Plus. Semoga bermanfaat !
Djarum Beasiswa Plus adalah program beasiswa yang diberikan Djarum Foundation yang tidak hanya memberi dana beasiswa tetapi juga memberikan pelatihan soft skills. Pelatihan tersebut meliputi kegiatan Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges dan Community Empowerment. Kemudian kita dapat menambah banyak teman dengan mahasiswa dari Perguruan Tinggi lainnya se-Indonesia dan mungkin bisa ketemu jodoh :). Waw, keren banget kan ?
Beasiswa ini ditujukan kepada Mahasiswa semester IV program S1/ D4 di Perguruan Tinggi se-Indonesia yang bekerja sama dengan Djarum Foundation dan memenuhi persyaratan umum diantaranya : Aktif berorganisasi di dalam maupun diluar kampus, tidak sedang menerima beasiswa, dan IPK minimum hingga semester III adalah 3.00 dan melengumpulkan persyaratan administrasi serta berhasil lulus dalam tahap seleksi Administrasi, seleksi test TPA dan Psikotes dan Lolos seleksi wawancara. Persyaratan selengkapnya dapat Anda lihat di situs resminya (djarumbeasiswaplus.org)
Tips : Bagi Anda yang saat ini semester I atau II atau III, belajar yang rajin dan tekun serta aktif berorganisasi juga yaa ! Kejar IP semester dan IPK yang tinggi jangan biarkan penyesalan menghampiri nantinya ;)
Oke kita mulai cerita pengalaman saya. Jangan dilewat! Baca terus dan ikuti cerita pengalaman saya ini! Siapa tau ada informasi penting, siapa tau loh hehe :)

Pendaftaran dari tanggal 1 April 2015 – 31 Mei 2015. Saya mengetahui informasinya akhir-akhir bulan April dari web nya (djarumbeasiswaplus.org) yang pada saat itu saya sedang mencari beasiswa S1 di mesin pencarian. Wahh sudah ngaret 1 bulan “keburu ga ya menyiapkan persyaratannya ?” ucapku dalam hati. Sempat ada rasa malas juga untuk mempersiapkan persyaratan administrasinya, harus daftar online, fotonya harus memakai jas almamater, meminta transkrip nilai ke Sekretariat Jurusan, dll duuh !
Namun seketika rasa malas tersebut sirna, terlintas dalam pikiran bahwa tidak semua Mahasiswa pada semester IV diberi kesempatan untuk mendaftar beasiswa ini, kemudian kita memiliki kesempatan hanya satu kali seumur hidup untuk mengikuti beasiswa ini loh yaitu hanya pada saat kita berada di semester IV dan lihat apa yang akan kamu dapatkan dari beasiswa ini, tidak hanya berupa bantuan materi tapi juga akan mendapatkan pelatihan soft skills yang jarang ada di beasiswa lain. Kemudian kita juga dapat menambah banyak teman dari Perguruan Tinggi lainnya se-Indonesia dan mungkin bisa ketemu jodoh :), mendapatkan banyak pengalaman. Waw ! Keren banget kan ?

Tahap awal daftar secara online di situs resminya (djarumbeasiswaplus.org).
-        Anda harus mempersiapkan foto formal berjas almamater, foto ini untuk Anda upload saat mendaftarkan diri secara online.
-        Isi formulir dengan sesuai dan sebenar-benarnya.
Tips : Usahakan jangan sampai ada kesalahan maupun yang terlewatkan dalam mengupload foto maupun pengisian pendaftaran online, pastikan foto yang diupload berukuran sesuai dengan syarat dan setiap kata dalam textfield maupun text area yang Anda isi benar dan sesuai. Cek/ review dapat Anda gunakan untuk melakukan pengecekkan hasil pendaftaran online.
Setelah Anda selesai mengisi formulir pendaftaran online dan telah yakin dengan semua isian yang Anda isi selanjutnya Anda akan mendapat kode registrasi dan file .pdf yang harus Anda print sebagai bukti pendaftaran online dan yang menjadi salah satu syarat administrasi yang nantinya harus kamu kumpulkan kepada Panitia Penerimaan Djarum Beasiswa Plus.
Singkat cerita saya telah berhasil mengumpulkan semua syarat administrasinya pada tanggal 28 Mei 2015, hanya tinggal fotocopy transkrip nilai dan kemudian fotocopynya dilegalisir ke Sekjur.
Kemudian saya bertemu salah satu teman saya yang ingin mendaftar djarum beasiswa plus di jalan saat saya mau memfotocopy transkrip nilai. Saya tau dia telah membuat surat keterangan aktif himpunan mahasiswa serta telah dibuatkan surat keterangan sedang tidak menerima beasiswa dari rekorat. “Hei, gimana jadi kan mau daftar beasiswa ?” tanyaku. “Engga ah bay” jawabnya. “Kenapa engga ?” tanyaku penasaran. “Males” jawabnya lagi. “Yaahh!” ucapku sambil menuju tempat fotocopyan karena waktu itu saya sedang buru-buru.
Lagi-lagi males menjadi hambatan seseorang untuk melangkah. Menurut saya sayang banget kesempatan djarum beasiswa plus kalo disia-siakan.
Tips : Semangat terus dalam mempersiapkan segalanya termasuk mempersiapkan persyaratan administrasi, ini adalah pintu awal yang harus kamu lewati untuk mendapatkan djarum beasiswa plus. Jangan patah semangat dan selalu optimis !
Setelah semua persyaratan administrasi terkumpul selanjutnya Anda harus mamasukkannya ke dalam amplop. Ohiya ada Tips lagi nih
Tips : Sebelum dimasukkan ke dalam amplop alangkah lebih baik kita memasukkan semua persyaratan administrasi ke dalam sebuah map. Menurut teman saya hal ini agar terlihat lebih sopan, yaa saya juga setuju dan tidak hanya telihat lebih sopan tetapi juga terlihat lebih rapi. Jangan lupa untuk menggunting dan menempelkan form dibawah garis (lihat halaman 1 bukti pendaftaran online) di amplop berkas pendaftaran Anda.

Semoga ade-ade yang akan dan sedang mengikuti Beasiswa Djarum diberikan kelancaran dan sesuai harapan yaa, to be The Next Beswan Djarum. Semangat! :)

{ 1 comments... read them below or add one }

  1. gambaran soal tes beasiswa djarum dan tipsnya berdasarkan pengalaman saya http://informasijurusankuliah.blogspot.com/2016/03/djarum-beasiswa-plus-gambaran-soal-tes.html semoga bermanfaat

    BalasHapus

Welcome to BIG !!!

Butuh Solusi IT ?

Service Komputer/ Laptop ? atau Installasi Jaringan Komputer ? atau Solusi Algoritma dan Pemrogramman ? atau Pembuatan Aplikasi Android/ Web/ Dekstop ?

Contact Me
Call or Message
+6285 8715 000 98

Find BIG on Facebook

You Can Support BIG !

BIG adalah media informasi berbasis web dalam blog yang memberikan berbagai macam informasi, tutorial, dan ilmu pengetahuan, terutama dalam bidang IT dan Pemrogramman

Anda bisa memberikan donasi melalui transfer langsung ke rekening dibawah ini! Berapapun jumlah donasi yang Anda kirim saya ucapkan terima kasih banyak dan akan sangat bermanfaat agar blog ini semakin berkembang.

Bank :
No. Rekening : 0307429851
A/N : Bayu Wijaya Permana Putra

Popular Post

Copyright © 2013 Bayyz Informatics Gallery. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

- Copyright © Big Informatics Gallery by Bayu Wijaya Permana Putra - Powered by Blogger - Supported by Google -