Posted by : Bayu Wijaya Permana Putra Minggu, 06 November 2011

Sejarah Bola Voli


. Bola voli adalah olahraga yang dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing terdiri dari 6 orang pemain dan berlomba-lomba mencapai angka 25 terlebih dahulu. Dalam sebuah tim, terdapat 4 peran penting, yaitu tosser (atau setter), spiker (smash), libero, dan defender (pemain bertahan). Secara umum, ukuran lapangan bola voli adalah 9 meter x 18 meter. Dengan garis batas serang untuk pemain belakang berjarak 3 meter dari garis tengah (sejajar dengan jaring), dan aris tepi lapangan adalah 5 cm.
Adapun Ukuran tinggi net dalam permainan bola voli adalah
2,43 meter (untuk putra) dan 2,24 meter (untuk net putri). Sedangkan untuk ukuran bola voli memiliki keliling lingkaran 65 hingga 67 cm, dengan berat 260 hingga 280 gram. Tekanan dalam dari bola tersebut hendaknya sekitar 0.30 hingga 0.325 kg/cm2 (4.26-4.61 psi, 294.3-318.82 mbar atau hPa).

Pada tahun 1895, William C. Morgan, seorang direktur YMCA di Holyke, Massachusetts, menemukan sebuah permainan bernama mintonette dalam usahanya memenuhi keinginan para pengusaha lokal yang menganggap permainan bola basket terlalu menghabiskan tenaga dan kurang menyenangkan. Permainan ini cepat menarik perhatian karena hanya membutuhkan sedikit ketrampilan dasar, mudah dikuasai dalam jangka waktu latihan yang singkat, dan dapat dilakukan oleh pemain dengan berbagai tingkat kebugaran. Permainan aslinya dahulu menggunakan bola yang terbuat dari karet bagian dalam bola basket. Peraturan awalnya membebaskan berapa pun jumlah pemain dalam satu tim. Pada tahun 1896 nama permainan ini diubah oleh Alfred T. Halstead, yang setelah menyaksikan permainan ini, menganggap bahwa bola voli lebihsesuai menjadi nama permainan ini mengingat ciri permainan ini yang dimainkan dengan melambungkan bola sebelum bola tersebut menyentuh tanah (volleying). skip to main | skip to sidebar VOLLEY BALL Rabu, 2007 Desember 05 Ukuran Lapangan Ukuran Lapangan Setiap pemain harus mengetahui tanda-tanda yang ada di lapangan. Lapngan voli berukuran panjang 18 meter dan lebar 9 meter, yang ditandai dengan garis pinggir dan garis belakang.Garis pinggir dan garis belakang merupakan pembatas bidang permainan. Garis-garis penting lainnya adalah : Garis tengah yang membagi lapangan menjadi 2 bagian yang sama, terkadang disebut sebagai daerah tim. Garis serang yang sejajar dengan garis tengah dan berjarak 3 meter dari garis tengah. Daerah service adalah daerah diluar garis belakng sebelah kanan yang berukuran sepertiga lapngan dan dengan lebar 6 kaki. Bila daerah yang diperlukan ini tidak ada, maka seorang pemain yang hendak melakukan service diperkenankan untuk melakukannya di dalam bidang pertandingan sampai pada jarak yang diperlukannya. Ketinggian net yang tepat bagi pemain putri adalah 2,24 meter dan untuk pria dan permainan campuran tinggi netnya 2,43 meter. Bagian yang sah dari net adalah yang berada diantara kedua garis pinggir.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to BIG !!!

Butuh Solusi IT ?

Service Komputer/ Laptop ? atau Installasi Jaringan Komputer ? atau Solusi Algoritma dan Pemrogramman ? atau Pembuatan Aplikasi Android/ Web/ Dekstop ?

Contact Me
Call or Message
+6285 8715 000 98

Find BIG on Facebook

You Can Support BIG !

BIG adalah media informasi berbasis web dalam blog yang memberikan berbagai macam informasi, tutorial, dan ilmu pengetahuan, terutama dalam bidang IT dan Pemrogramman

Anda bisa memberikan donasi melalui transfer langsung ke rekening dibawah ini! Berapapun jumlah donasi yang Anda kirim saya ucapkan terima kasih banyak dan akan sangat bermanfaat agar blog ini semakin berkembang.

Bank :
No. Rekening : 0307429851
A/N : Bayu Wijaya Permana Putra

Popular Post

Copyright © 2013 Bayyz Informatics Gallery. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

- Copyright © Big Informatics Gallery by Bayu Wijaya Permana Putra - Powered by Blogger - Supported by Google -