Posted by : Bayu Wijaya Permana Putra Rabu, 17 Juli 2013

Fireman Effect


Hallo sobat, kali ini kita akan membahas tutorial membuat efek kebakaran atau tubuh terbakar pada foto. Sabenarnya banyak metode untuk membuat efek – efek api atau efek terbakar, namun kali ini saya akan menggunakan metode brushing hehe. Disini saya menggunakan aplikasi Photoshop CS6, akan tetapi tutorial ini bisa untuk semua versi photoshop. Langsung saja, langkah – langkahnya sebagai berikut :
    1. Buka foto yang akan kita edit di photoshop, kebetulan disini saya menggunakan foto saya sendiri.



2.Duplicat layer dengan menekan Ctrl + J, agar kita dapat mengetahui perbandinga gambar yang telah kita edit dgn sebelumnya.


3. Pada menu tab Klik Edit > Define Brush Preset, dan kasih nama brush yg kita buatnya. Disini saya kasih nama “bayu”, nama saya sendiri. Lalu klik OK.
4. Buat layer baru danberi nama “Background Hitam”. Sesuai dengan namanya, kita beri backround hitam dilayer ini. Lalu menggunakan Paint Bucket Tool, warnai layer “Background Hitam” dengan warna hitam sehingga tampilannya menjadi item mutlak. Biasanya warna hitam itu cocok sekali dengan efek api.
5.Buat layer baru lagi, dan beri nama “Tubuh”. Klik kanan pada layer ini (Layer Tubuh) dan pilih Blending Option.
Lalu buat settingan sebagai berikut :
· Centang Outer Glow dan setting pd Outer Glow sbg berikut : 
- Blend Mode : Hard Light 
- Opacity : 100% 
- Set Color Of Glow : ff1d1d 
-  Spread : 0% 
- Size : 8

· Centang Inner Glow & setting pada Inner Glow sbg berikut : 
- Blend Mode : Hard Light 
- Opacity : 100 % 
- Set Color Of Glow : ffff00 
- Choke : 0% 
- Size : 9
Settingan tadi tidak mutlak, anda bisa sesuaikan dengan selera anda, intinya bereksperimenlah sampai anda mendapatkan settingan yang menurut anda pas.
6. Klik Brush Tool, pada menu bar di menu brush klik tanda panah kecil untuk memilih type brush. Kemudian pilih brush yang tadi telah dibuat dan diberi nama, saya tadikan memberi nama brush “bayu”. 

7. Lalu set Foreground Color ke warna Putih dan Background Color ke warna Hitam. Disini kita akan menggunakan warna putih sebagai warna brushnya. Bila sudah langsung lakukan brushing saja pada layer Tubuh ini. Sehingga akan memperoleh hasil gambar sebagai berikut.
Disini kita sudah bisa melihat efek "glowing" pada objek editan kita, namun kalau kita lihat gambar ini masih kelihatan polos, kita buat nuansanya agak gelap lagi, memberikan contras dan efek terfokus pada objeknya (inilah alasan mengapa saya pilih warna hitam utk bacgroundnya).
8. Caranya tekan & tahan Ctrl, lalu klik layer “Tubuh” tepat pada Thumbnail nya. Sehingga gambar akan terseleksi secara otomatis seperti gambar berikut.



9. Setelah itu klik Layer Mask untuk menghilangkan bagian yang sudah terseleksi tadi dan anda harusnya mendapatkan efek gambar yang lebih gelap. Udah sedikit keren kan gambarnya ?! 
10. Sekarang tambahkan efek api dengan gambar api, tanya aja ama mbah Google, banyak ko sob, namun untuk tutorial ini saya menggunakan gambar Fire_stock_7_by_hatestock (http://hatestock.deviantart.com/art/Fire-stock-7-94404864) ß bisa download aja kalo mau pakai yang ini.
11. Buka gambar api di Photoshop dan pindahkan ke dokumen yg kita edit, caranya bisa langsung Drag and Drop


        12. Lalu beri nama layer api kita dengan nama "Api" lalu ubah layer style nya ke screen. Atur besarnya (Ctrl + T) dan sesuaikan ukurannya dengan lokasi dimana kita akan menaruh api pada objek kita. Pada tutorial ini saya menaruh gambar api pada bagian tangan dan bahu objek.
13. Lakukan masking pada gambar api yang tidak penting agar hanya terlihat apinya saja. Lalu saya akan menduplikat gambar api tadi untuk saya taruh pada bahu satunya, caranya pada layer "Api' tekan Ctrl + J. lalu menggunakan Move Tool pindahkan gambar api ke bahu satunya dan bikin penyesuaian ukurannya agar sesuai dengan posisi bahu (Ctrl + T). Lalu harusnya anda akan mendapatkan gambar seperti gambar berikut ini.



Bila warna api dengan object kurang selaras, lakukan penyesuaian warna pada api, disini kebetulan saya hanya menyesuaikan settingan Hue/Saturation. Penyesuaian warna ini akan sangat tergantung dengan Objek yang diedit, warna api dan selera anda. Setelah anda merasa cukup pas, maka artinya editan kita sudah selesai (^_^).
Sekian tutorial memberi efek tubuh terbakar pada foto di kesempatan ini. Akhir kata saya ucapkan terima kasih telah mengikuti tutorial ini dari awal hingga akhir, semoga tutorial ini dapat membantu anda dan bermanfaat untuk anda.

Big Thanks to :
Ilmu photoshop (ilmuphotoshop.com)
Dunia desain (dundes.blogspot.com)
Ilmu grafis (ilmugrafis.com)






Bisnis online termudah, Bahkan jika Anda seorang yang awam sekalipun, Anda pasti bisa menjalankan bisnis ini, KLIK DISINI ! Isi surveinya terlebih dahulu.
Saya sudah mencobanya dan hasilnya sangat memuaskan, sekarang giliran Anda, KLIK DISINI ! !!!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to BIG !!!

Butuh Solusi IT ?

Service Komputer/ Laptop ? atau Installasi Jaringan Komputer ? atau Solusi Algoritma dan Pemrogramman ? atau Pembuatan Aplikasi Android/ Web/ Dekstop ?

Contact Me
Call or Message
+6285 8715 000 98

Find BIG on Facebook

You Can Support BIG !

BIG adalah media informasi berbasis web dalam blog yang memberikan berbagai macam informasi, tutorial, dan ilmu pengetahuan, terutama dalam bidang IT dan Pemrogramman

Anda bisa memberikan donasi melalui transfer langsung ke rekening dibawah ini! Berapapun jumlah donasi yang Anda kirim saya ucapkan terima kasih banyak dan akan sangat bermanfaat agar blog ini semakin berkembang.

Bank :
No. Rekening : 0307429851
A/N : Bayu Wijaya Permana Putra

Popular Post

Copyright © 2013 Bayyz Informatics Gallery. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

- Copyright © Big Informatics Gallery by Bayu Wijaya Permana Putra - Powered by Blogger - Supported by Google -