Posted by : BayuBayyz
Minggu, 28 Juli 2013
Assalammualaikum sobat, saya akan membahas sedikit tentang rekayasa perangkat lunak, dari mulai sejarah, definisi, komponen software, aplikasi software, diagnosa, sampai cara pembuatan software yang baik. Oke mari kita simak bersama sama !
Sejarah Perkembangan Software
Selama tiga dekade pertama dari era komputerisasi, tantangan utama adalah mengembangkan hardware komputer yang dapat mengurangi biaya pengolahan dan penyimpanan data. Selama dekade tahun 1980 an, kemajuan yang pesat dari mikro elektronik menghasilkan kemampuan komputer yang lebih baik pada tingkat biaya yang lebih rendah. Namun masalah sekarang berbeda. Tantangan utama adalah mengurangi biaya dan memperbaiki kualitas solusi berbasis komputer (Solusi yang diimplementasikan dengan mempergunakan software). Software merupakan faktor kunci dalam keberhasilan suatu usaha, software dapat membedakan satu perusahaan dari perusahan saingannya.
Evolusi software
Tahun-tahun awal :
- Batch orientation
- Limmited distribution
- Custummer software
Era kedua :
- Multi user
- Real time
- Database
Era ketiga :
- Distibuted system
- Embedded intellegence
- Low cost hardware
- Consumer infact
Era keempat :
- Expert system
- A I Machine
- Parallel architecture
Tahun-tahun
pertama :
1.
Batch
Orientation
Suatu orientasi di mana proses dilakukan
setelah data dikumpulkan dalam satuan waktu tertentu, atau proses dilakukan
setelah data terkumpul, lawan dari batch adalah ONLINE atau Interactive
Process.
Keuntungan dari Interactive adalah
mendapatkan data yang selalu up to date.
2. Limmited
distribution
Suatu penyebaran software yang terbatas
pada perusahaan-perusahaan tertentu.
3. Custom
software
Software yang
dikembangkan berdaasarkan perusahaan-perusahaan tertentu.
Era kedua :
1.
Multi
user
Suatu sistem di
mana satu komputer digunakan oleh beberapa user pada saat yang sama.
2.
Real
Time
Suatu sistem yang
dapat mengumpulkan, menganalisa dan mentransformasikan data dari berbagai
sumber, mengontrol proses dan menghasilkan output dalam mili second.
3.
Database
Perkembangan yang pesat dari alat
penyimpan data yang OnLine menyebabkan muncul generasi pertama DBMS (DataBase
Management System).
4.
Product
Software
Adalah software yang dikembangkan untuk
dijual kepada masyarakat luas.
ERA KETIGA :
1.
Distributed
system
Suatu sistem yang tidak hanya dipusatkan
pada komputer induk (Host computer), daerah atau bidang lainnya yang juga
memiliki komputer yang ukurannya lebih kecil dari komputer induk. Lawan dari
distributed system adalah Centralized System.
2.
Embedded
Intelegence
Suatu product yang diberi tambahan
“Intellegence” dan biasanya ditambahkan mikroprocessor yang mutakhir.
Contohnya adalah automobil, robot, peralatan diagnostic serum darah.
3.
Low
Cost Hardware
harga hardware yang semakin rendah, ini
dimungkinkan karena munculnya Personal Computer.
4.
Consummer
Inpact
Adanya perkembangan komputer yang murah
menyebabkan banyaknya software yang dikembangkan, software ini memberi dampak
yang besar terhadap masyarakat.
ERA KEEMPAT :
1.
Expert
system
Suatu penerapan A.I. (Artificial
Intellegence) pada bidang-bidang tertentu, misalnya bidang kedokteran,
komunikasi, dll.
2.
AI
Machine
Suatu mesin yang dapat meniru kerja dari
sebagian otak manusia. Misalnya mesin robot, komputer
catur.
3.
Parallel
Architecture
Arsitektur komputer
yang memungkinkan proses kerja LAN paralel, yang dimungkinkan adanya prosesor
berbeda dalam satu komputer
Arti Software Engineering :
Ilmu yang mempelajari tehnik pembuatan
software yang baik dengan pendekatan tehnik (Engineering approach)
Menurut Fritz Badar mendefinisikan, software
engineering adalah disiplin ilmu yang menerapkan prinsip-prinsip engineering
agar mendapatkan software yang ekonomis yang dapat dipercaya dan bekerja lebih
efisien pada mesin yang sebenarnya.
Arti Software :
1.
Instruksi
Atau program komputer yang ketika dieksekusi akan memberi fungsi dan hasil
yang diinginkan.
2.
Struktur
data
Yang
memungkinkan program memanipulasi informasi
3.
Dokumen
Yang menggambarkan operasi dan penggunaan program
SIFAT DAN KARAKTERISTIK SOFTWARE
1.
Software merupakan
elemen sistem logik dan bukan elemen sistem fisik seperti hardware
2.
Elemen itu tidak
aus, tetapi bisa rusak.
3.
Elemen software itu
direkayasa atau dikembangkan dan bukan dibuat di pabrik seperti hardware
4.
Software
itu tidak bisa dirakit.
KOMPONEN SOFTWARE
1.
Bentuk
bahasa
Terbagi 2, yaitu
A.
High
Level, contoh PASCAL, COBOL, FORTRAN.
B.
Middle
Level, contoh C
2.
Bentuk
translator
Terbagi 3 ,
yaitu :
A.
Interpreter
Menerjemahkan
dari bahasa tingkat tinggi ke bahasa tingkat rendah secara satu persatu
(statemen demi statemen)
B.
Compiler
Menerjemahkan secara keseluruhan, proses lebih cepat dari
interpreter
C.
Assembler
Menerjemahkan dari bahasa rakitan ke bahasa mesin
3. Bentuk mesin :Aplikasi Software
1.
Sistem
Software
Adalah
sekumpulan program yang ditulis untuk melayani atau menunjang program lainnya.
Beberapa sistem software seperti compiler, editor, komponen-komponen sistem
operasi, driver dan prosesor telekomunikasi.
2.
Real
Time software
Software yang mengukur, menganalisis dan mengontrol
kejadian yang sesungguhnya terjadi di dunia. Elemen-elemen real time software
terdiri dari :
A.
Komponen
pengumpul data
Yang mengumpulkan dan menyusun informasi dari lingkungan
external.
B.
Komponen
analisis
Yang mentransformasikan informasi yang diperlukan oleh
aplikasi
C.
Komponen
kontrol
Yang memberikan
respon kepada lingkungan external
D.
Komponen
monitor
Yang
mengkoordinasi semua komponen-komponen lainnya, sehingga respons real time yang
berkisar 1 milisecond sampai 1 menit dapat dipertahankan.
Perlu dicatat
bahwa istilah real time berbeda dari istilah interactive atau time
sharing. Sistem real time harus
memberikan respons pada waktu yang ditentukan, sedangkan pada sistem
interactive atau time sharing respons time biasanya melebihi batas waktu yang
ditentukan tanpa merusak hasil.
3.
Business
software
Software yang palinmg banyak digunakan dalam bidang
aplikasi software. Software
ini digunakan oleh manajemen untuk mengambil kepitusan ( Decision Making )
dalam bidang bisnis. Contoh :
Ã
DAC
EASY ACCOUNTING
Ã
FINANCE
MANAJER
4.
Engineering
and sciencetific software
Software yang
dicirikan dengan algoritma numerik, aplikasinya berkisar dari astronomi sampai
vulkanologi, dari analis ketegangan otomotif sampai dinamika orbit ruang
angkasa. Software ini banyak digunakan dalam bidang engineering dan science.
Contoh
Ã
CAD
/ CAM ( Computer Aided Design / Computer Aided Manufacture - Ssimulasi sistem )
5.
Emdebed
software
Suatu software
disimpan dalam memori tetap - ROM - Read Only Memory, dan digunakan untuk
mengontrol product dan sistem software ini dijalankan dengan berbagai fungsi
terbatas.
6.
PC
software (Personal Computer)
Software yang banyak digunakan di komputer pribadi (PC). Contoh :
- Word Processing : WS, WP
- Spreadsheet : Lotus, Supercalc
- Computer Graphics : Printshop, Print Magic
- Games : Paoman, Load Runner
- DBMS : Dbase III+, Foxbase, Clipper
- Network : LAN, Novell
7.
Artificial
Intelegence software
Software yang
banyak menggunakan algoritma non numerik dalam memecahkan masalah kompleks yang tidak dapat dianalisis dengan analisis komputasi biasa. Saat ini bidang AI yang
paling aktif adalah expert system atau knowledge base system. Bidang aplikasi
lain dari software AI adalah pengenalan citra dan suara ( image and voice
pattern recognition ), teorema pembuktian dan permainan / games.
Pembuatan Software yang Baik
Dalam membuat softrare yang baik, ada
beberapa cara dan tahapan :
1.
Fase Perencanaan (Planning) :
a)
Rencana
software
b)
Analisa
kebutuhan software
c)
Analisa
cost banefit (Salah satu bagian dari studi kelayakan)
2.
Fase Pengembangan (Development) :
a)
Coding
b)
Testing
Macam-macam test
program :
i)
Unit
test (Test per modul)
ii)
Integreated
test (Test penggabungan dari modul-modul yang telah diuji)
iii)
Validated
test (Diuji dengan data sebenarnya)
iv)
System
test (Test dilakukan dengan lingkungan sebenarnya)
v)
Topdown
test (Test gabungan dari atas ke bawah)
vi)
Bottom
up test (Test gabungan dari bawah ke atas)
3.
Fase Pemeliharaan (Maintenance) :
Jenis-jenis
maintenance
a)
Koreksi
(Corection)
b)
Adaptasi
(Adaptive)
Software dikembangkan sesuai dengan tuntutan perkembangan jaman
c)
Adaptasi yang
berkembang pada dewasa ini terbagi atas :
i)
Sistem
Operasi
. # Pengarahan
sistem operasi yang bersifat multi user. Contoh : UNIX
. # Sistem
operasi yang bersifat jaringan. Contoh : NOVELL
ii)
RDBMS
- Relational DataBase Management System
# Berkembang
dalam bentuk bahasa SQL (Structure Query Language).
iii)
Bahasa
Mengarah pada
perkembangan bahasa generasi ke empat (4GL - Fourth Generation Language)
Bahasa 4GL
adalah suatu bahasa yang dibuat untuk meningkatkan produktifitas programmer dan
end user. Contoh :
a)
INFORMIX
- Dapat dijalankan pada PC dengan minimum RAM 4MB + 640KB dan disk storage
> 40MB
b)
ORACLE
c)
INGRES
d)
AS
/ SET - Digunakan pada IBM AS 400
e) POWER HOUSE - digunakan pada HR 3000
Sekian sekilas pengenalan rekayasa perangkat lunak. Akhir kata saya ucapkan terima kasih telah mengikuti materi pengenalan rekayasa perangkat lunak, semoga dapat bermanfaat dan menambah motivasi sobat untuk terus berusaha menjadi seorang yang mampu menguasai pemograman dan menjadi programmer handal, seperti yang saya cita cita kan. Amiin Ya Rabbal Alamin...
Related Posts :
- Back to Home »
- Software »
- Software Engineering Recognition (Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak)