Posted by : Bayu Wijaya Permana Putra Kamis, 24 Oktober 2013



Ini dia manusia bionik perdana yang pertama dan tentunya nyata, kini kita bisa menjumpai manusia bionik yang mirip manusia karena terlihat hidup ini secara nyata, yang sebelum sebelumnya hanya bisa kita lihat di film film saja :)
 
Oleh Lacey Johnson

Washington (Reuters) - "Manusia bionik" pertama yang bisa berjalan dan berbicara serta dibuat dengan bagian tubuh sintetis akan memulai debut di Washington pada Kamis. Robot dengan wajah manusia yang diresmikan di Smithsonian National Air and Space Museum itu dibuat oleh Shadow Robot Co yang berbasis di London.


Robot itu juga akan menampilkan terobosan medis mengenai bagian tubuh bionik dan organ buatan ."Ini bukan muslihat. Ini adalah perkembangan sains yang nyata," kata direktur museum, John Dailey.

Robot setinggi 1,83 meter dengan berat 77 kg itu adalah subjek dokumenter berdurasi satu jam di Smithsonian Channel yang berjudul ‘The Incredible Bionic Man’  yang akan tayang pada Minggu.

“Manusia bionik" adalah tema utama dari film fiksi ilmiah pada tahun 70-an  berjudul ‘The Six Million Dollar Man’ yang menceritakan petualangan karakter bernama Steve Austin, mantan astronaut yang tubuhnya dibangun kembali menggunakan bagian sintetik setelah ia hampir tewas.

Robot yang dipamerkan di museum itu dibuat dengan menelan biaya sebesar $1 juta (sekitar Rp11 miliar) dan terbuat dari 28 bagian tubuh buatan yang dipinjam dari inovator biomedis. Bagian tubuh yang dipinjam antara lain pankreas, paru-paru, limpa, dan sistem peredaran darah, dan sebagian besar bagian tersebut adalah purwarupa versi awal.

"Ide dari proyek ini adalah menyatukan semua suku cadang tubuh manusia yang sudah tersedia di masa kini. Jika Anda melakukannya, apa yang akan terlihat?" kata Bertolt Meyer, seorang psikolog sosial dari University of Zurich di Swiss dan pembawa acara untuk sejumlah dokumenter.

Robot tersebut dibuat menggunakan Meyer, yang lahir tanpa tangan dan bergantung pada anggota badan buatan, sebagai model. Dia memamerkan manusia bionik dengan mengambil langkah yang sedikit tidak umum dan menjalankan darah buatan melalui sistem sirkulasinya yang transparan.

"Dia terlihat sangat hidup dan agak menyeramkan ," kata Paul Arcand, seorang turis dari Boston yang datang bersama istrinya. Robot memiliki wajah yang statis dan hampir tidak ada kulit. Komputer akan mengendalikannya dari jarak jauh dengan komputer, dan koneksi nirkabel bluetooth digunakan untuk mengoperasikan anggota tubuhnya.

Kecerdasan buatan robot bionik ini terbatas pada program komputer chatBot, mirip dengan aplikasi Siri di Apple iPhone, kata Robert Warburton, seorang insinyur desain untuk Shadow Robot.

"Orang-orang yang membuatnya memutuskan untuk memasang program dengan kepribadian dari seorang anak 13 tahun dari Ukraina, " katanya. "Jadi, dia bukan orang yang paling sopan untuk diajak berkomunikasi."Pembuatan robot ini dimulai pada Agustus 2012 dan butuh waktu tiga bulan untuk menyelesaikannya.

Robot ini membuat debut di AS pada pekan lalu di acara konvensi Comic Con di New York dan akan dipamerkan di museum selama musim gugur.


Sumber Artikel



 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to BIG !!!

Butuh Solusi IT ?

Service Komputer/ Laptop ? atau Installasi Jaringan Komputer ? atau Solusi Algoritma dan Pemrogramman ? atau Pembuatan Aplikasi Android/ Web/ Dekstop ?

Contact Me
Call or Message
+6285 8715 000 98

Find BIG on Facebook

You Can Support BIG !

BIG adalah media informasi berbasis web dalam blog yang memberikan berbagai macam informasi, tutorial, dan ilmu pengetahuan, terutama dalam bidang IT dan Pemrogramman

Anda bisa memberikan donasi melalui transfer langsung ke rekening dibawah ini! Berapapun jumlah donasi yang Anda kirim saya ucapkan terima kasih banyak dan akan sangat bermanfaat agar blog ini semakin berkembang.

Bank :
No. Rekening : 0307429851
A/N : Bayu Wijaya Permana Putra

Popular Post

Copyright © 2013 Bayyz Informatics Gallery. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

- Copyright © Big Informatics Gallery by Bayu Wijaya Permana Putra - Powered by Blogger - Supported by Google -