Posted by : Bayu Wijaya Permana Putra Jumat, 28 Desember 2012


Mengapa air yang dimasak bisa mendidih ? Mengapa badan kita terasa hangat saat berada didekat api unggun ? Mengapa sendok yang digunakan untuk mengaduk teh panas menjadi ikut panas ? Bagaimana cara panas berpindah dari benda yang satu ke benda yang lain ?
Agar dapat menjawab pertanyaan – pertanyaan diatas, mari kita ikuti pembahasan di Gallery Bayyz sebagai berikut.
Panas dapat berpindah dari satu benda ke benda lain melalui 3 macam cara yaitu ; konduksi, konveksi, dan radiasi.
http://bayubayyz.blogspot.com/2012/12/perpindahan-energi-panas.html
Ilustrasi Perpindahan Panas secara Konduksi (Conduction), Konveksi (Convection), & Radiasi (Radiation)


1.      Konduksi
http://bayubayyz.blogspot.com/2012/12/perpindahan-energi-panas.html
Perpindahan panas dari teh ke tangan kita melalui sendok
Ketika sedang mengaduk teh panas di dalam gelas, tangan kita yang memegang terasa panas. Hal ini trjadi karena panas berpindah dari air teh menuju tangan kita melalui sendok. Perpindahan panas semacam ini disebut konduksi (hantaran).
Peristiwa konduksi terjadi pada semua jenis logam. Contohnya : baja, kuningan, besi, dan alumunium. Beberapa perabotan rumah tangga dan peralatan teknisi memanfaatkan perpindahan panas secara konduksi. Contohnya : pada wajan (penggorengan), panic, dan solder.
2.      Konveksi
http://bayubayyz.blogspot.com/2012/12/perpindahan-energi-panas.html
Perpindahan panas dari sumber panas yaitu api ke air  yang di masak
Air yang kita masak lama – kelamaan akan mendidih. Pada peristiwa ini terjadi perpindahan panas karena air terus – menerus dipanaskan. Mula – mula air pada dasar wadah yang mendapat panas. Akibatnya, air pada bagian ini menjadi lebih ringan. Karena ringan, air ini naik ke permukaan. Air yang semula ada dipermukaan terdesak turun ke bagian dasar. Air ini pun dipanaskan dan naik kembali. Demikian seterusnya sehingga terjadi pertukaran air. Pada pemanasan air ini terjadi perpindahan panas yang disebut konveksi (aliran), yaitu perpindahan panas yang diikuti perpindahan bagian – bagian zat itu.
Adanya konveksi menyebabkan nasi yang kita masak menjadi matang, demikian pula dengan sayuran yang kita masak dan masih banyak lagi contohnya.
3.      Radiasi
http://bayubayyz.blogspot.com/2012/12/perpindahan-energi-panas.html
Perpindahan panas dari api ungun membuat tubuh kita hangat

Matahari memancarkan panas dengan tidak memerlukan perantara. Panas matahari itu sampai ke bumi setelah melewati ruang hampa udara di angkasa. Perpindahan melalui ruang hampa udara atau tanpa perantara ini disebut radiasi (pancaran).
Perpindahan panas secara radiasi juga terjadi ketika kita berdiri di dekat api unggun. Badan kita terasa hangat karena menerima pancaran langsung dari api unggun.
Adanya radiasi menyebabkan jemuran atau cucian menjadi kering.

Bagaimana, sudah terjawab semua kan ?
Ayo, yang sudah selesai menjawab, lembar jawabannya kumpulin ! hehe ^_^ (bercanda)





Bisnis online termudah, Bahkan jika Anda seorang yang awam sekalipun, Anda pasti bisa menjalankan bisnis ini, KLIK DISINI ! Isi surveinya terlebih dahulu.
Hasilnya sangat meyakinkan looh sob, ayo tunggu apa lagi KLIK DISINI !

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to BIG !!!

Butuh Solusi IT ?

Service Komputer/ Laptop ? atau Installasi Jaringan Komputer ? atau Solusi Algoritma dan Pemrogramman ? atau Pembuatan Aplikasi Android/ Web/ Dekstop ?

Contact Me
Call or Message
+6285 8715 000 98

Find BIG on Facebook

You Can Support BIG !

BIG adalah media informasi berbasis web dalam blog yang memberikan berbagai macam informasi, tutorial, dan ilmu pengetahuan, terutama dalam bidang IT dan Pemrogramman

Anda bisa memberikan donasi melalui transfer langsung ke rekening dibawah ini! Berapapun jumlah donasi yang Anda kirim saya ucapkan terima kasih banyak dan akan sangat bermanfaat agar blog ini semakin berkembang.

Bank :
No. Rekening : 0307429851
A/N : Bayu Wijaya Permana Putra

Popular Post

Copyright © 2013 Bayyz Informatics Gallery. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

- Copyright © Big Informatics Gallery by Bayu Wijaya Permana Putra - Powered by Blogger - Supported by Google -